7 Game PS1 Terbaik Yang Bisa Kamu Mainkan Di Android Dengan Emulator

Siapa yang tidak tahu Playstation? Konsol besutan Sony yang paling laris di pasaran. Saat ini Playstation sudah memasuki generasi ke-4 nya dengan Playstation 4, tapi tahukah kamu tentang nenek moyang dari playstation 4? dia adalah Playstation 1 atau biasa disebut PSX. Anak-anak generasi 90an pasti sangat familiar dengan permainan PSX ini, game-game yang sangat memorabel, cerita-cerita seru bermain bersama teman setelah pulang sekolah, sampai ngumpulin uang saku hanya untuk membeli buku tutorial yang berisi tips-tips tentang game yang kita sukai mengingat kala itu internet belum menjamur seperti sekarang ini. Berikut adalah game-game yang menurut saya adalah sebuah mahakarya yang sampai sekarang nggak pernah kehilangan pasion nya walaupun telah dimainkan berulang-ulang dan meskipun telah ketinggalan jaman dari segi grafis.


1. Metal Gear Solid Snake

Menurut saya ini adalah game terbaik sepanjang masa, dikala permainain action-adventure kala itu hanya menawarkan misi yang intinya hanya shoot and kill, Metal Gear SS hadir dengan sesuatu yang berbeda. Di dalam permainan kita dituntut harus menggunakan otak layaknya seorang penyusup sungguhan. Dan bahkan ada satu scene dimana kita harus berhadapan dengan seorang Boss level yang mempunyai kekuatan membaca pikiran sehingga setiap tembakan kita selalu berhasil dihindarinya dan untuk mengalahkannya ternyata kita harus mengganti port kontroler kita dari port 1 ke port 2 supaya musuh tidak lagi bisa membaca pikiran kita, siapa sangka?

2. Breath Of Fire 4

Di genre RPG saya menempatkan BOF4 sebagai sebuah masterpiece, kenapa? karena permainan yang begitu kompleks. Jalan cerita, mode pertarungan, mini game, sampai backsong nya semua dibangun dengan begitu banyak emosi didalamnya. Setiap pemain yang memainkan game ini akan merasakan emosi sesungguhnya dari seorang "Ryu" nama karakter utama yana kita mainkan di game ini. Sebuah game yang mengajari kita perjalanan hidup, dimana takdir akan selalu menemukan jalannya. Sayang game ini rilis diakhir masa kejayaan PS1, karena pada waktu itu PS2 baru saja memulai debutnya jadi mungkin tidak banyak yang tahu betapa serunya game ini.

3. Harvest Moon Back To Nature

Jika kamu adalah seorang yang suka nuansa pedesaan, game satu ini pastilah cocok buat kamu. Game tentang menjadi seorang petani ini adalah mahakarya buatan Natsume yang rilis pada tahun 2000. Nggak hanya sekedar bercocok tanam, di game kamu juga bakal ditawarkan berbagai cerita menarik tentang cara bersosialisasi dengan warga, bagaiman membangun hubungan yang baik dengan semua waarga desa. Kamu juga bisa menikmati berbagai festival yang diadakan dimana disini kamu bisa memainkan berbagai macam mini game, mulai dari balapan kuda, lomba memasak, sampai lomba sabung ayam. Seperti kehidupan nyata bukan? Nggak sampai disitu aja, seperti layaknya kita yang suatu saat akan menikah dan punya anak, di dalam game ini kamu juga bisa melakukannya.

4. Jarrett and Labonte Stock Car Racing

Awalnya saya bingung harus memilih antara Gran Turismo atau Jarrett and Labonte SCR untuk genre balapan mobil, namun setelah saya memainkan kembali kedua game tersebut saya lebih memilih Jarret and Labonte SCR. Stok mobil yang sangat banyak, mekanisme damage yang membuat game ini terasa lebih nyata, dan in car camera view yang membuat kita serasa benar-benar berada didalam mobil tersebut dan sedang mengendarainya. Kita juga bisa memilih jenis tyre apa yang ingin kita gunakan tergantung keadaan dan cuaca, nggak cuma itu kita juga harus memperhitungkan kapan kita harus masuk ke pitstop supaya mobil kita tetap sehat dan nggak terlalu banyak lost time saat balapan.

5. Crash Team Racing

Kalo kita ngomongin game yang paling fun saat dimainin, CTR adalah juaranya. Serius, kapan pun kamu bad mood cukup mainkan game ini bersama teman-temanmu dan saya yakin kamu akan langsung tertawa dan bergembira bersama temanmu. Grafik yang bagus ala kartun, komposisi warna yang ceria serta mekanisme game yang fun banget dimainkan sendiri atau bersama teman.

6. Resident Evil 3 Nemesis

Dari semua seri resident evil yang diproduksi untuk konsol psx, resident evil 3 lah yang menurut saya paling bagus. Bercerita tentang pelarian seorang anggota S.T.A.R.S (Special Tactics And Rescue Service) satuan khusus kepolisian kota Raccon, yang mencari cara untuk keluar dari kota dimana kota tersebut telah dikarantina karena wabah virus yang membuat penduduk kota menjadi mayat hidup atau zombie. Grafik yang mumpuni pada era kala itu, berbagai teka-teki yang harus dilewati pemain untuk bisa keluar dari kota, hingga harus terus lari dari kejaran Nemesis, monster senjata biologis yang dibuat untuk memburu setiap anggota STARS.

7. Winning Eleven

Nggak diragukan lagi game yang satu ini adalah nenek moyang dari game PES, dan saya yakin setiap orang yang mempunyai konsol PSX dulunya pasti punya satu game ini, bisa dibilang ini adalah game wajib dimiliki bagi semua orang yang punya PSX. Keseruan bermain bersama teman-teman kala itu membuat game ini wajib dimainkan saat kumpul bareng.

Yap, itulah tadi game-game terbaik yang menurut saya nggak akan pernah kelihangan pesonanya walapun sudah banyak game-game penerus mereka meski dengan grafis yang jauh lebih bagus. Ini adalah penilaian versi saya sendiri, jadi kalo ada perbedaan pendapat kalian mungkin selera kita berbeda. Karena sesuatu yang membuat segalanya paling berarti adalah kenangan didalamnya.

Komentar