7 Usaha Dengan Modal 1 Jutaan

Nggak bisa dipungkiri lagi, jaman sekarang untuk mencari pekerjaan bukanlah perkara mudah. Terkadang ada sebuah perusahaan yang membuka lowongan untuk 100 orang karyawan tapi yang mendaftar bisa sampai 1000 orang atau bahkan lebih. Ditambah lagi bagi yang hanya lulusan SMP atau SMA harus bersaing dengan lulusan Sarjana, karena sekarang lulusan Sarjanapun banyak yang masih pengangguran. Hal ini membuat sebagian orang harus banting stir dengan terjun ke dunia usaha sambil mencoba melamar pekerjaan. Berikut ini beberapa ide usaha yang bisa kalian coba dengan modal 1 jutaan.



1. Usaha Jual Pulsa Hp

Jaman sekarang siapa sih yang nggak punya Hp, kemajuan teknologi saat ini memang mengharuskan setiap orang mempunyai Hp minimal satu untuk berkomunikasi, hal ini bisa menjadi peluang buat kamu yang ingin membuka usaha dengan berjualan pulsa. Modal yang dibutuhkan juga tidak terlalu besar. Untuk memulainya kita nggak perlu deposit banyak-banyak, cukup 500 ribu. Nggak perlu buka kios, cukup dilakukan di rumah. Pasang tulisan atau banner di depan rumah kita atau informasikan ke teman-temanmu tentang usahamu, jika deposti pertama kamu habis deposti kedua bisa kamu tambah menjadi 700 ribu atau sejuta kalo jualanmu laris manis.

2. Usaha Kue Rumahan

Bagi anda yang mempunyai hobi memasak, anda bisa membuat hobi anda menjadi lahan untuk menghasilakan uang. Anda bisa memulai bisnis ini dengan modal kurang dari satu juta, apa lagi jika anda menerima pesanan, bila pesanan anda banyak anda bisa meminta uang muka sebagai tanda jadi dan uang tersebut bisa anda gunakan sebagai tambahan modal pembuatan. Promosikan usaha anda lewat media sosial agar pesanan anda semakin banyak dan usaha anda semakin maju.

3. Usaha Dropship Reseller

Jika kamu mecari usaha dengan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal, jawabannya adalah menjadi seorang dropship reseller. Usaha ini bisa kamu mulai bahkan dengan tanpa modal. Karena modal yang paling dibutuhkan dalam bisnis adalah keahlian dalam marketing dalam memasarkan suatu produk. Yang perlu anda lakukan adalah mencari distributor yang selanjutnya akan saya sebut pihak pertama yang menurut anda terpercaya, kemudian anda membantu memasarkan produknya. Ketika anda mendapatkan pelanggan, anda tinggal meneruskannya ke pihak pertama untuk pemesanan barang, anda tidak perlu membeli terlebih dahulu produk pesanan konsumen anda karena pihak pertamalah yang akan mengirimkan produk tersebut kepada konsumen namun dengan catatan nama anda sebagai pengirimnya. Bila dari pihak pertama menghargai produk dengan harga 1 juta, anda bisa menghargai produk tersebut 1,1 juta sehingga anda mendapatkan keuntungan 100 ribu. Mudah bukan?

4. Usaha Les Privat atau Bimba

Jika anda seorang guru tapi masih berstatus guru honorer, tentu penghasilan anda tidak seberapa. Hal ini bisa anda siasati dengan membuka jasa les private. Pertama buatlah sebuah iklan, bisa melalui media sosial atau lewat situs perantara seperti OLX  atau Tokopedia untuk menawarkan jasa anda. Hal ini juga bisa dilakukan bagi anda yang mempunyai keahlian bermusik, programing, design atau memasak. Modal yang dibutuhkan hanyalah keahlian anda dalam mengajar, jika anda tidak pernah mengajar sebelumnya jangan takut untuk memulai, semakin lama nantinya anda akan semakin terbiasa.

5. Usaha Warung Kecil-kecilan

Bagi anda seorang Ibu Rumah Tangga yang ingin membatu suami dengan mencari penghasilan tambahan, usaha warung kecil-kecilan sepertinya cocok buat anda. Hal ini bisa anda lakukan dirumah. Untuk permulaan anda bisa menjual jajanan anak-anak, bumbu-bumbu dapur, kopi sachet, dan lain-lain yang intinya biasa dibutuhkan orang setiap saat dan setiap hari. Sebagai penarik minat para pembeli anda bisa membuat selisih harga dengan warung lain, selisih Rp. 50,- sudah cukup untuk membuat para ibu-ibu memilih membeli warung di warung. Lebih baik anda tidak mengambil laba yang tidak terlalu besar namun dagangan anda cepat habis ketimbang anda menghargai dengan harga tinggi tapi hanya satu dua orang yang membeli di warung anda.

6. Usaha Jasa Menulis Freelance

Usaha ini juga cukup menjanjikan, anda hanya perlu sebuah komputer atau notebook. Banyak komputer atau notebook dengan harga dibawah satu juta. Anda bisa memulai dengan menerima jasa pengetikan dengan tarif semisal per 1000 kata anda hargai Rp. 2000. Bisa juga jika anda seorang yang pandai membuat artikel, anda bisa menjual artikel teresebut karena sekarang banyak orang-orang yang mencari jasa pembuatan artikel. Jual artikel anda semisal Rp. 6000 / 200 kata dan pasanglah iklan di forum-forum jual beli seperti kaskus atau tokopedia.

7. Usaha Menjual Aneka Es

Usaha Jual Aneka Es adalah usaha yang sedang booming sekarang ini, modal yang dibutuhkan bahkan dibawah satu juta. Anda cukup menyediakan blender dan mesin cup sealer, jujur saya juga sedang melakoni usaha ini. Saya memulai usaha ini sejak tahun 2015 dan pada waktu itu modal saya satu unit blender seharga Rp. 120.000 dan mesin cup sealer saya beli yang paling murah seharga Rp. 550.000 dan masih awet sampe sekarang, sisanya saya beli bahan-bahan esnya seperti pop ice dan bubuk capuccino. Jika anda punya modal 1 juta, anda pasti bisa memulai usaha ini seperti saya.

Itulah tadi 7 Ide usaha modal satu jutaan yang bisa anda coba, sebenarnya banyak sekali usaha-usaha yang bisa kita lakoni. Semua hanya perlu niat dan keseriusan kita, karena kebanyakan orang ragu untuk terjun pertama kali di bidang usaha. Tapi biasanya sekali orang terjun di bidang usaha, orang itu tidak akan berhenti sampai dia menemukan usaha yang paling cocok dengannya.

Komentar